BBM Termurah dan Termahal Di Berbagai Negara

Keringat Buruh. Rencana pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sedianya akan dilakukan per 1 April mendatang aksi penolakan dari berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari elemen mahasiswa, buruh, dan rakyat miskin kota turun ke jalan untuk menyuarakan penolakan mereka.


Per 1 April mendatang, pemerintahan yang dipimpin SBY-Boediono akan menaikkan harga bensin premium dari Rp 4.500 menjadi Rp. 6.000. Sebagai kompensasi, pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin yang dianggap berhak mendapatkannya. BLT sebesar Rp 150.000 per bulan bakal diberikan setiap bulannya selama 9 bulan.

Meskipun ada kompensasi dan janji pemerintah untuk mengalihkan subsidi BBM ke sektor lain seperti pendidikan, banyak warga yang tidak setuju atas keputusan pemerintah ini. Harga bensin dianggap terlalu mahal. Sebenarnya, kenaikan harga BBM tidak hanya terjadi di Indonesia. Naiknya harga BBM dunia memicu kenaikan harga di sejumlah negara. Bedanya negara-negara tersebut sudah mempersiapkan segala sesuatunya seperti persiapan sarana dan prasaran transportasi yang memadai sehingga pengguna kendaraan bermotor bisa beralih menjadi pengguna transportasi umum.

Harga BBM Termahal

1. Istanbul, Turki

Rp. 22.600 per liter! Solusi: walikota Kadir Topbas  merencanakan  sebuah merek bahan bakar  harga ekonomis dengan pom bensin yang berlokasi di seluruh kota. Sama seperti Turki, negara Asmara, Eritrea member harga BBM Rp. 22.600 per liter. ini dikarenakan  kekurangan pasokan bensindi negara ini sangat tinggi. jika dihitung-hitung maka sekitar Rp. 1.500.000 harus sedia untuk mengisi penuh tangki sebuah mobil keluarga.

2.Oslo, Norwegia

Rp. 21.800 per liter !Penyebab: Pajak bensin yang tinggi yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

3. Roma, Italia

$8,51 per galon atau sekitar Rp 20.260 per liter! Penyebab:sejumlah pembangkit listrik berbahan bakar gas beralih ke bahan bakar minyak, karena pasokan gas diprioritaskan untuk penduduk agar cukup mendapatkan gas untuk pemanas ruangan.

4. Athena, Yunani

Rp. 20.000 per liter!Penyebab: krisis dan gejolak yang terjadi di Mesir dan Libya.

5. Monte Carlo, Monako

Rp. 19.800 per liter! Solusi: menciptakan mobil bertenagakan listrik.

6. Kopenhagen, Denmark

Rp. 19.750 per liter !  Inilah alasan  sebagian besar penduduk Kopenhagen tidak memiliki kendaraan. Sehingga, warga terbiasa berjalan, menggunakan transportasi umum atau ikut berpartisipasi aktif dalam program berbagi sepeda.

7. Stockholm, Swedia

Rp. 19.700 per liter! Penyebab: pasar minyak dunia, melemahnya nilai tukar dollar  dan sabotase terhadap instalasi minyak dunia. Namun, jika bensin tidak dikenai pajak yang tinggi, Stockholm akan menjadi negara dengan   harga bensin termurah di dunia Barat.
 
Harga BBM Termurah

1. Venezuela

Rp. 445!Dengan paham sosialisme di negara ini, maka  perusahaan swasta diambil alih negara sehingga rakyatnya memiliki kehidupan yang lebih baik termasuk menetapkan harga bensin yang murah.

2. Turkmenistan

Rp. 712 per liter! Penyebab: memaksimalkan penggunaan gas untuk berbagai kebutuhan karena negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia.

3. Nigeria

Rp. 890 per liter! Nigeria menempati urutan ke-10 negara dengan sumber minyak  terbesar di dunia, jadi wajar saja kan.

4. Iran

Rp. 979 per liter! Iran salah satu negara dengan anugrah sumber minyak yang berlimpah, bahkan diperkirakan negara ini akan terus memproduksi minyak untuk 74 tahun ke depan.

5. Arab Saudi

Rp. 1.068 per liter! Kekayaan terbesar negara ini didapat dari sektor minyak, maka tidak heran jika negara ini mematok harga bensin murah.

Posting Komentar

0 Komentar