Tidak Hanya Istana dan Kemenakertrans, Buruh Juga ke KPK

Keringat Buruh, Ribuan buruh yang tiba di Istana Negara Jakarta Pusat (17/10/13), ditutup oleh buruh yang sudah memenuhi jalan, sebelum tiba di Istana, buruh melakukan aksi long march dari bundaran Hotel Indonesia. Mereka datang dan langsung membentangkan bendera serta melakukan orasi menuntut dicabutnya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2013 tentang upah minimum. Buruh juga menolak sistem kerja alih daya atau outsourcing. Seharusnya Pemerintah tidak boleh melakukan politik upah murah karena semakin membuat beban buruh.


Massa memenuhi Jalan Medan Merdeka Utara tepatnya di depan Istana Negara hingga di Jalan Medan Merdeka Barat di depan gedung Radio Republik Indonesia (RRI). Arus lalu lintas menuju Istana Negara juga sudah ditutup sesaat setelah massa buruh tiba. Jalan Medan Merdeka Timur mengarah Istana ditutup di depan kantor pusat Pertamina.

Setelah berorasi di Istana, buruh akan berpencar ke kantor Kemenakertrans di Jalan Gatot Subroto dan Gedung KPK di Kuningan, Jakarta Selatan. Buruh yang melakukan aksi di KPK ini kemudian akan menyusul teman-teman mereka di kantor Kemenakertrans.

Selain beraksi unjuk rasa di depan Istana Negara dan kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, para buruh juga mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di KPK, buruh akan memberikan bunga sebagai tanda terima kasihnya atas penegakan hukum di Indonesia. Mereka mengapresiasi langkah KPK yang telah menangkap pejabat yang melakukan tindak korupsi.

Posting Komentar

0 Komentar