Satuan Militan Buruh

Keringat Buruh, keberhasilan atas meningkatnya eskalasi gerakan buruh di Indonesia tidak terlepas dari peran tim satuan militan buruh beberapa tahun terakhir ini. Satuan militan buruh ini telah menghadirkan semangat baru dalam perjuangan buruh untuk menuntut keadilan dan kesejahteraan, yang secara konsisiten dan sigap mengawal setap aksi nasional maupun daerah. Seperti halnya beberapa satuan militan di bawah ini:

BAPOR
Barisan Pelopor (Bapor) lahir atas inisiasi yang dipengaruhi oleh minimnya militasi dari anggota SPSI. Pasca musyawarah FSP LEM SPSI pada tgl 28 Maret 2011 mulai diperkenalkan dalam rapat DPP FSP LEM SPSI, namun resistensi dan penolakan berdampak semangat kader FSP LEM SPSI Jakarta Utara untuk mengikuti pelatihan pertama yang menjadi hari terbentuknya BAPOR tanggal 22 April 2011 di Lembang Bandung dengan Bung Hery Hermawan sebagai Komandan BAPOR (Danpornas). Dengan visi menjadi kader buruh yang solid, kompeten dan bermoral serta proaktif dalam berbagai kodisi, sedangkan misi mengembangkan dan meningkatkan keterampilan bagi anggota, meningkatkan soliditas kompetensi dan moralitas, menjadi upaya menarik simpati buruh, melaksanakan fungsi pelayanan pengamanan dan pembelaan, berperan aktif dalam upaya social kemasyarakatan.


GARDA METAL
Garda Metal dicetuskan sebagai salah satu dari 5 pilar (Garda Metal, Koran Perjuangan, LBH, Training Center dan Inkopbumi) pada kongres FSPMI tahun 2006 di Lembang Bandung. Deklarasi dilakukan bersamaan dengan pelatihan Dasar Garda Metal pertama pada tanggal 27 April 2008, dengan Bung Baris Silitonga sebagai Pangkornas Garda Metal FSPMI. Kemudian fungsi yang dianut yakni menjalankan tugas membantu induk organisasi dalam menjalankan fungsinya sebagai sarana untuk mencapai kesejahteraan pekerja, menjalankan tugas membantu anggota masyarakat dalam kegiatan sosial.

BAMBU
Satuan miltasi FBLP (Federasi Buruh Lintas Pabrik) terbentuk dari ide dan gagasan Dian Septi yang didasar adanya pengaduan yang dialami oleh anggota yang perioritas perempuan. Bambu launching pada tanggal 21 April 2012 yang bertepatan dengan perayaan Radio Marsinah FM sebagai media informasi untuk kaum buruh perempuan, dengan Wa Ampi sebagi Komandan Barisan Maju Buruh Perempuan.

Posting Komentar

0 Komentar