Gaji Buruh Indonesia Terendah se Asia

Keringat Buruh. Upah buruh Indonesia menduduki kasta terendah di kawasan Asia Tenggara, yaitu sebesar US$0,6 atau sekitar Rp5.400 per jam.
 
Berdasar data yang dikumpulkannya, upah buruh Indonesia menduduki level terendah dengan besar US$0,6/jam. Sementara negara Asia Tenggara lainnya yaitu Thailand US$1,63/jam, Filipina US$1,04/jam dan Malaysia US$2,88/jam.


Menurut pengusaha, masih kesulitan untuk menaikkan upah buruh. Pasalnya, beban biaya operasional yang ditanggung masih sangat besar. "Memang agak sulit meningkatkan keadaan upah tersebut. Karena biaya logistik 17 persen dari biaya produksi, misalnya hanya sekitar 7 persen. Suku bunga masih di titik 11-13 persen, yang lain 5-6 persen. Belum lagi ada pungutan ilegal lainnya. Dengan keadaan seperti tersebut, untuk menaikkan upah jadi makin sempit,".

Dalih pengusaha, semua pengusaha berkenan menaikkan upah buruh diimbangi sikap pemerintah yang bersedia mengurangi beban operasional, seperti melalui pembangunan infrastruktur dan pembenahan birokrasi.

Posting Komentar

0 Komentar