Karyawan Suzuki Demo Tuntut UMK

Ribuan Karyawan PT Suzuki Indomobil kembali aksi unjuk rasa dengan memblokir jalan utama di depan pabrik mereka di Jalan Diponegoro, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin 23 April 2012. Mereka menuntut upah minimium kabupaten (UMK) segera diberlakukan.


Aksi ini dilakukan karena gaji yang sudah disepakati sesuai UMK pada bulan Februari  2012 beserta rapelan dari  Januari  2012 silam sampai saat ini belum terealisasi.

"Sampai saat ini karyawan blokir jalan agar perusahaan lihat dan sebagai bentuk kekecewaan kami sudah memuncak, kami akan terus bertahan hingga tuntutannya dipenuhi. Aksi blokir ini dilakukan secara spontan," ujar Sutikno perwakilan karyawan. "Kami akan menurunkan massa jauh lebih besar jika perusahaan tak juga memberikan respon," tegasnya.

Akibat pemblokiran itu, kendaraan yang datang dari arah Karawang menuju Bekasi, mengalami kemacetan hingga 10 kilometer lebih. Puluhan petugas dari Polsek Tambun, tampak berjaga-jaga, dan sesekali mereka terlihat membuka blokir jalan agar kemacetan parah bisa teratasi. Dan PT Suzuki yang mempekerjaan sekitar 5.359 orang ini diperkirakan rugi miliaran rupiah.

Posting Komentar

0 Komentar