Sistem Jaminan Sosial Tenaga Kerja Gagal


Keringat Buruh. Sistem Jaminan Sosial Tenaga Kerja gagal. Pasalnya, tidak ada perlindungan nyata yang dilakukan Jamsostek selama 20 tahun terakhir.


Jamsostek yang dinilai berhasil oleh pemerintah karena indikatornya yang salah, penilaian pemerintah berdasarkan indikator Badan Usaha Milik Negara dan pendapatan yang diterima. Sementara itu, pemerintah mengabaikan indikator perlindungan yang seharusnya menjadi faktor utama. Dalam 20 tahun, hanya 14,6 persen tenaga kerja yang terlindungi.

Karena itu kegagalan Jamsostek jangan sampai terulang di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS di sektor kesehatan yang akan segera aktif mulai 1 Januari 2014 merupakan pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin. Pelaksanaan program ini harus diawasi oleh masyarakat agar tidak ada penyelewengan yang terjadi.

Sebagai contoh iuran jaminan hari tua diterima pekerja di Malaysia lebih besar namun sektor industrinya lebih bersaing. Sedangkan pekerja di Indonesia hanya menerima jumlah yang 0,25 persen lebih kecil dan angka pertumbuhan sektor industri justru lebih kecil dari Malaysia.

Posting Komentar

0 Komentar