Titik Unjuk Rasa Mogok Nasional Jabotabek


Keringat Buruh, Jutaan Buruh Indonesia hari ini melakukan MONAS Mogok Nasional, Mogok dilakukan sebagai upaya untuk semata buat kesejahteraan, dari seluruh provinsi se-Indonesia. Sebagaimana juga di Jakarta yang sebagai salah satu barometer upah buruh.



Forum Buruh DKI Jakarta menggelar aksi unjuk rasa menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014 sebesar 50 persen, Kamis 31 Oktober 2013. Unjuk rasa akan dilakukan di beberapa titik yang berada di kawasan industri.

Konsentrasi titik-titik unjuk rasa dilakukan buruh di antaranya di kawasan industri Pulogadung, Cakung, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Bekasi. Forum Buruh DKI Jakarta sendiri rencananya akan melibatkan 2.500 buruh dalam aksinya. “Tuntutan kami tetap untuk meminta kesejahteraan buruh".

Konsentrasi aksi unjuk rasa dan mogok nasional buruh yang digelar hari ini di Jabodetabek antara lain berada di:

  1. Kawasan Industri Wilayah Kabupaten Bekasi di antaranya EJIP, BIIE atau Hyundai, dan Delta Silicon. Buruh yang berdemo dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, melibatkan 20.000-30.000 buruh. Antisipasi jalan tol ditutup.
  2. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi dan Kantor Kabupaten Bekasi. Unjuk rasa dilakukan oleh Gabungan Serikat Buruh Mandiri dan  Kongres Aliansi Serikat Buruh Iindonesia yang melibatkan 1.000 buruh.
  3. Kantor Kabupaten Bekasi. Unjuk rasa dilakukan oleh Federasi Serikat Pekerja Pekerja Percetakan Mass Media dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia yang melibatkan 1.000 buruh.
  4. Kawasan Industri Kota Tangerang. Unjuk rasa dilakukan oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia yang melibatkan 3.500 buruh.
  5. Kawasan Industri Jatiuwung  Kota Tangerang. Unjuk rasa dilakukan oleh  Komisi Aksi Buruh Tangerang Bergerak yang melibatkan sekitar 350 buruh.
  6. PT Cingluh Cikupa, PT. Victori Cingluh di Kabupaten Tangerang. Unjuk rasa dilakukan oleh Konsolidasi Gerakan Nasional Buruh yang melibatkan sekitar 1.000 buruh.
  7. Kantor Kabupaten Tangerang. Unjuk rasa dilakukan oleh Serikat Pekerja Nasional yang melibatkan 500 buruh.
  8. Kantor Walikota Tangerang Selatan. Unjuk rasa dilakukan oleh Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 92 yang melibatkan 1.000 buruh.
  9. Lampu Merah Pemda Cikupa Tangerang. Unjuk rasa dilakukan oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia yang melibatkan 3.000 buruh.
  10. Bawah Jembatan Tol Bitung Tangerang. Unjuk rasa dilakukan oleh Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia yang melibatkan 300 buruh.
  11. Kawasan Industri Kota Depok. Unjuk rasa dilakukan oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia yang melibatkan 15.000 buruh.
  12. Kawasan Berikat Nusantara Jakarta Utara dan Balai Kota DKI Jakarta. Unjuk rasa dilakukan oleh Serikat Pekerja Nasional, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia 92, dan Federasi Serikat Buruh Indonesia yang melibatkan 100 buruh.
  13. Kawasan Industri Sunter dan Kawasan Industri Pulogadung. Unjuk rasa dilakukan oleh oleh PSP LEM Serikat Pekerja Seluruh Indonesia yang melibatkan 3.000 buruh.
  14. Balai Kota DKI Jakarta. Unjuk rasa dilakukan oleh SP FARKES yang melibatkan 75 buruh.
  15. Area Pelabuhan Tanjung Priok dan Kawasan Berikat Nusantara Cilincing Jakarta Utara. Unjuk rasa digelar oleh Forum Buruh DKI Jakarta yang melibatkan 2.000 buruh.
  16. Pintu Gerbang Utama Kawasan Berikat Nusantara Cakung Jakarta Utara. Unjuk rasa dilakukan oleh SBSI 92 yang melibatkan 1.000 buruh.
  17. Depan Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok. Unjuk rasa dilakukan oleh SBTPI yang melibatkan 300 buruh.
  18. Istana Negara dan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta. Unjuk rasa dilakukan oleh FSPMI PT Kawasaki Motor yang melibatkan 150 buruh.
  19. PT Indolakto Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur. Unjuk rasa digelar oleh karyawan Indolakto yang melibatkan 700 buruh.
  20. Long March buruh di Jakarta dengan rute Gambir-Gunung Sahari-Mangga Besar-Hayam Wuruk. Unjuk rasa dilakukan oleh Front Tansportasi Jakarta yang melibatkan 100 buruh.

Posting Komentar

0 Komentar