Menuju May Day Buruh Mulai Memanas


Keringat Buruh, Rabu (10/4/2013) sekitar pukul 10.00 WIB di HI,  kurang lebih 1.000 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan long march dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Gedung Badan Usaha
Milik Negara (BUMN) dan Gedung Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra).


Kemudian sekitar pukul 14.30 WIB, sekitar seribu buruh yang melakukan orasi di depan Gedung BUMN dan Balaikota DKI Jakarta, di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dan selanjutnya mereka akan mendatangi Gedung Kementerian Tenega Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes), para buruh akan terpecah untuk menyampaikan tuntutan mereka. Untuk buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan melakukan orasi di depan Gedung Kemenkes, yang berada di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Di Kemenkes, mereka menolak pentahapan peserta jaminan kesehatan. Di mana seluruh rakyat Indonesia per 1 April 2014 berhak mendapat jaminan kesehatan. Mereka menolak karena tidak dialihkannya peserta Jamkesda dan Jamkesmas ke BPJS kesehatan.

Sedangkan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menuju Gedung Kemenakertarns yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Di sana mereka akan menuntut untuk menaikkan beberapa item Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Saat ini terdapat 60 KHL, dan mereka menuntut untuk menaikan item tersebut menjadi 86 jenis. Seperti sembako dan outsourcing.

Posting Komentar

0 Komentar